PENGHUNI BUMI SEBELUM NABI ADAM

1422 views
Penghuni bumi sebelum Nabi Adam. Siapakah penghuni bumi sebelum Nabi Adam?. Pertanyaan seperti ini pernah diajukan kepada saya oleh seorang siswa saat menceritakan tentang kisah Nabi Adam as. Anak-anak sekarang memang cukup membanggakan dari segi kritisnya. Untung saja waktu itu saya sudah membaca sedikit tentang hal ini ^_^. Sebelumnya kita perlu mengetahui bahwa menurut para ahli geologi, sebagaimana disebutkan dalam website Wikipedia, usia bumi ini sekitar empat setengah milyar tahun. Usia ini dilihat berdasarkan penanggalan radio metrik meteorit dan juga usia batu-batuan tertua yang pernah ditemukan.

jin PENGHUNI BUMI SEBELUM NABI ADAM
Penghuni bumi sebelum Nabi Adam
(Gambar dari: nyantai-sejenak.blogspot.com)

Dengan usia setua itu, kemungkinan bumi dihuni makhluk lain sebelum Nabi Adam as mengundang perhatian para peneliti. Karena, masih dalam website Wikipedia, disebutkan bahwa usia Nabi
Adam hidup di bumi ini kurang lebih selama 930 tahun setelah penciptaan, yaitu sekitar tahun 3760-2830 SM.

Kembali ke pertanyaan diatas, siapa penghuni bumi sebelum Nabi Adam?. Jika dijawab dengan pengetahuan ilmiah, terus terang saja saya tidak tahu sama sekali. Namun saya menjawabnya dengan merujuk pada beberapa tafsir, salah satunya adalah tafsir Futuhat Al Ilahiyyah Bi At-taudlih Tafsir Jalalain Li Ad-Daqaiq Al-Khafiyyahatau dikalangan pesantren lebih dikenal dengan nama Tafsir Jamal yang ditulis oleh Syekh Sulaiman bin Umar al `Ajily Asy-Syafi`i.

Dalam tafsirnya ini, Syekh Sulaiman bin Umar al `Ajily Asy-Syafi`I memberikan tafsiran pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 30-35 mengungkapkan bahwa sebelum Nabi Adam diturunkan dari surga, bumi ini dihuni oleh makhluk yang disebut dengan Banu Al-jan. Banu Al-Jan ini merupakan penghulu atau nenek moyang bangsa jin. Jika Nabi Adam as disebut sebagai Abu Al-Basyar atau bapak seluruh manusia, dan kita disebut dengan Banu Adam atau Bani Adam, maka Banu Al-Jan ini mungkin mungkin keturunan pertama dari makhluk yang disebut dengan Abu Al-Jan.

war ghost camp 56 PENGHUNI BUMI SEBELUM NABI ADAM
Banul Jan, menumpahkan darah
(Ilustrasi gambar dari: top.freewallpaper-s.net)

Banu Al-Jan ini merupakan makhluk yang hobi berperang. Mereka selalu menumpahkan darah diantara sesamanya, berbuat kezhaliman dan kerusakan di muka bumi. Maka Allah memerintahkan para malaikat untuk mengusir mereka dipimpin oleh seorang makhluk yang bernama ‘Ijazil.

Ijazil ini adalah seorang makhluk yang sangat disegani. Ijazil ini pula yang kelak akan dikutuk Allah dan diberi nama Iblis atau boleh dikatakan sebagai asal mula Iblis. Ka’ab Al-Akhbar menyebutkan bahwa sebelum dikutuk, Iblis merupakan juru kunci surga, guru para malaikat. Karena ibadahnya yang begitu hebat, Ijazil mempunyai banyak julukan, diantaranya Al-‘Abid atau ahli ibadah, Az-Zahid atau orang yang zuhud, Al-‘Arif atau Ahli makrifat, Al-Waly, At-Taqy dan Al-Khazin.

Namun karena kesombongannya karena tidak mau tunduk hormat pada Nabi Adam as., akhirnya seperti kita tahu, Ijazil dikutuk dan diputus dari rahmat Allah dan disebut sebagai Iblis. Itulah sekilas jawaban tentang siapa penghuni bumi sebelum Nabi Adam as.

Wallahu A’lam
whatsapp PENGHUNI BUMI SEBELUM NABI ADAMshare save 171 16 PENGHUNI BUMI SEBELUM NABI ADAM