9 HAL YANG DIRAHASIAKAN ALLAH (BAGIAN 2)

1109 views
9 hal yang dirahasiakan Allah - Akhirnya dengan ada waktujuga untuk menulis bagian kedua dari postingan sebelumnya dengan judul yang sama. Untuk pengunjung addriadi.com yang belum membaca bagian pertama dari tulisan ini, silahkan klik disini. Sebelumnya saya sudah sedikit membahas tentang 3 dari 9 hal yang dirahasiakan Allah, walaupun sebagian orang menyebutnya rahasia Allah, tapi menurut saya itu kurang tepat, setiap orang yang belajar memperdalam ilmu bahasa pasti tahu bedanya rahasia Allah dengan 'yang dirahasiakan Allah'. Tapi daripada terlalu panjang membahas itu lebih baik langsung ke bagian inti saja hehe.. Ini dia 9 hal yang dirahasiakan Allah bagian ke 2.

shalat 9 HAL YANG DIRAHASIAKAN ALLAH (BAGIAN 2)
Meraih hikmah dari yang Allah rahasiakan
(Image source: salmanitb.com)

4. Wali Allah diantara hamba-hamba-Nya
Ada ucapan para ulama yang terkenal dikalangan para santri, yaitu “La ya’riful waliyy illa al-waliyy”, artinya tidak ada yang mengetahui seseorang itu wali kecuali  wali Allah yang lain. Allah menyembunyikan wali-Nya diantara hamba-hamba-Nya. Kita yang awam ini tidak pernah tahu siapa diantara orang-orang yang diangkat menjadi wali Allah. Sedangkan para wali itu selalu ada sepanjang zaman. Mungkin sejak dulu kita sudah pernah mendengar kisah wali songo (sejarah wali songo) atau disebut juga kisah 9 wali yang sangat terkenal, mungkin kita juga pernah membaca kisah wali Allah atau kisah para wali yang menyebarkan Islam di suatu daerah tertentu. Namun siapakah wali Allah di zaman sekarang ini? Tersembunyi dan sangat tertutup rapat.

Hikmah dari tersembunyinya wali Allah adalah agar kita tidak memandang rendah siapapun, karena siapa tahu yang kita rendahkan itu adalah wali Allah atau paling tidak orang tersebut lebih dekat dengan Allah daripada kita. Dengan mengetahui hikmah dari tersembunyinya wali Allah, kita juga jangan pernah ragu meminta do’a dari orang lain, karena mungkin orang yang kita mintai do’a itu lebih takwa dan lebih dekat dengan Allah sehingga do’anya lebih mustajab walaupun secara fisik status sosialnya berbeda dengan kita.

wali songo 9 HAL YANG DIRAHASIAKAN ALLAH (BAGIAN 2)
Ilustrasi Wali Songo, do'anya mustajab
(Image source: ekomujitmalang.blogspot.com)

Jangan pernah memandang seseorang dari kedudukan atau status sosialnya, mungkin saja seorang tukang menyapu jalan, tukang becak, pemulung,
pengemis ataupun lainnya lebih disayang Allah daripada kita, lebih mengenal Allah, hati mereka lebih bersih dan suci, akhlak mereka lebih mulia. Mungkin juga diantara mereka ada wali Allah yang bersembunyi dalam bentuk kehidupan yang sangat sederhana. Kita tidak pernah tahu, jangan sampai ucapan dan perbuatan kita melukai hati orang-orang yang dekat dan disayang Allah karena bisa membuat Allah marah pada kita. Saya tidak akan membahas terlalu jauh dalil-dalil qath’I tentang keberadaan para wali dalam postingan ini, mungkin jika ada kesempatan akan dibahas pada postingan lainnya. ^_^

5. Merahasiakan Kematian
Sebagian tentang hikmah dirahasiakannya kematian ini sudah saya bahas dalam posting yang berjudul 4 hal yang akan merusak setiap manusia, jadi disini akan dikemukakan sedikit saja. Hikmah dari disembunyikannya kematian ini agar kita selalu waspada akan kematian yang bisa datang kepada siapa saja tanpa memandang usia. Kita sering mendengar kisah kematian yang mendadak dan tak disangka sama sekali bukan? Jika maut menjemput saat kita sedang beramal baik, maka kita mendapat husnul khatimah atau akhir yang baik dan sebaliknya jika maut menjemput saat kita sedang bermaksiat, itulah yang dinamakan suul khatimah. Dengan disembunyiakannya kematian ini, diharapkan membuat kita selalu berbuat baik dan menghindari dosa karena takut jika saat berbuat dosa kematian datang, na’udzubillah.

kubur 9 HAL YANG DIRAHASIAKAN ALLAH (BAGIAN 2)
Kematian, salah satu yang dirahasiakan Allah
(Foto dari: www.tumblr.com)

6. Merahasiakan Ismul A’zham
Ismul A’zham adalah nama Allah yang paling Agung. Diantara nama-nama Allah ada yang disebut dengan ism al-A’zham atau ismul a’zham. Jika kita berdo’a dengan menyebut ismul A’zham, maka do’a kita segera terkabul, jika meminta Allah pasti segera memberi. Namun diantara nama-nama Allah dalam Asmaul husna kita tidak pernah mengetahui mana yang dimaksud dengan Ismul A’zham.

dzikir 9 HAL YANG DIRAHASIAKAN ALLAH (BAGIAN 2)
Khusyu' membaca Asma Al-Husna
(Foto dari: padepokanaurainsani.blogspot.com)

Para
Ulama berbeda pendapat mengenai Ismul A'zham. Ada yang mengatakan bahwa Ismul A’zham adalah ‘Ya Allah’, yang lainnya mengatakan bahwa Ismul A’zham adalah ‘Ya Rahman Ya Rahiim’, yang lainnya menyebutkan bahwa Ismul A’zham adalah ‘Ya Hayyu Ya Qayyum’, ada ulama yang berpendapat bahwa Ismul A’zham adalah ‘Ya Malikal Mulki’, ada juga yang mengatakan bahwa Ismul A’zham adalah ‘Ya Dzal Jalali wal Ikram’. Hikmah dirahasiakannya Ismul A’zham ini adalah agar kita berdo’a dengan menyebut semua nama-nama-Nya yang indah dalam Asmaul husna dengan hati yang ikhlas dan khusyu’ tentunya agar Ismul A’zham ikut terbaca.

Itulah tiga dari 9 hal yang dirahasiakan Allah bagian kedua. Berarti sudah 6 dari 9 hal yang dirahasiakan Allah yang dibahas dalam dua postingan. Tiga sisanya Insya Allah akan di bahas pada postingan selanjutnya. Bagi yang mau menambahkan tentang pembahasan yang terlalu singkat di atas, silahkan berkomentar!.

Update: Silahkan klik kalau mau baca lanjutannya, 9 hal yang dirahasiakan Allah bagian ketiga
whatsapp 9 HAL YANG DIRAHASIAKAN ALLAH (BAGIAN 2)share save 171 16 9 HAL YANG DIRAHASIAKAN ALLAH (BAGIAN 2)