TIPS MEMILIH PASANGAN SECARA ISLAMI

1969 views
Tips Memilih Pasangan Secara Islami - Tips kali ini merupakan tips yang umum. Artinya bisa digunakan sebagai tips memilih calon istri ataupun tips memilih calon suami, kedua tips ini secara khusus dan lebih mendetail akan saya tulis pada postingan-postingan berikutnya. Karena pernikahan merupakan sesuatu yang sangat sakral, maka mencari pasangan juga tidak boleh asal-asalan. Karena pada dasarnya setiap orang hanya ingin punya satu pasangan dalam hidupnya, walaupun dalam perjalanannya banyak hal bisa terjadi. Sebelum addriadi.com mengulas lebih rinci tentang cara islami memilih calon  isteri/suami, rambu-rambu dalam memilih pasangan hidup yang bersifat umum ini patut dijadikan pegangan untuk mendapatkan jodoh yang baik atau mencari jodoh menurut islam.

muslim couple TIPS MEMILIH PASANGAN SECARA ISLAMI
Mencari jodoh dalam Islam

Nabi saw telah memberikan tips ini sebagai cara
memilih pasangan dalam islam atau mencari jodoh dalam islam. Beliau saw bersabda:

“Wanita dinikahi karena empat hal, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, pilihlah karena agamanya maka itu akan membuatmu bahagia.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Dalam hadits di atas memang yang disebutkan adalah kriteria wanita, namun keempat kriteria di atas juga berlaku sebaliknya bagi kriteri pria dalam mencari pasangan hidup. Bisa saja kita menentukan salah satu dari empat kriteria dalam mendapatkan jodoh sesuai dengan hadits di atas. Namun perlu dilihat akhir dari hadits tersebut, Nabi saw mengingatkan satu kriteria yang mesti dipegang teguh, yaitu faktor agama. Lebih bagus lagi jika keempat kriteria di atas ada pada calon pasangan kamu. Ini dia Tips Memilih Pasangan Secara Islami sesuai dengan hadits diatas:
 
1. Karena kekayaannya
Bila datang pria kaya bawa mobil mewah seperti ferari ke rumah kamu di malam minggu, bukan mobil rental tentunya hehe.. Apa yang akan kamu bilang sama orang tua kamu??, “Ayah, Ibu yang satu ini jangan ditanya-tanya lagi, jangan ditunggu lama-lama lagi, langsung diterima saja jadi calon menantu” ^_^. Atau jika ada wanita kaya yang ternyata merespon dengan perasaan yang kamu rasakan terhadapnya, serasa mimpi ketiban durian runtuh hehe.. Siapa juga yang tidak mau punya calon suami atau istri yang kaya, masa depan tampaknya terlihat cerah, semua angan yang dimimpikan selama ini akan segera tercapai, namun mesti diingat tips dari Rasulullah saw, yaitu agama.

MencariJodohMuslim thumb3 TIPS MEMILIH PASANGAN SECARA ISLAMI
Mencari yang kaya dan taat dalam beragama Islam

Kekayaan tanpa dilandasi dengan agama yang kuat hanya akan membawa bencana. Mungkin kita pernah dengar bagaimana orang yang berumah tangga tapi tidak mendapatkan kebahagiaan dengan kekayaan yang dimilikinya. Berapa banyak kisah perselingkuhan di TV yang pernah kita lihat padahal dari segi materi tidak kekurangan sama sekali, justru kekayaan yang memudahkan mereka untuk mengkhianati rumahtangganya. Ternyata benar pesan Nabi saw untuk memegang agama ini dalam
tips memilih pasangan. Punya calon isteri jutawan atau calon suami jutawan akan lebih hebat jika memiliki dasar agama yang kuat, karena kekayaannya pasti akan digunakan untuk amal yang diridhai Allah.

2. Karena Keturunannya
Tidak salah juga kalau mau cari pasangan hidup karena melihat faktor keturunannya. Apakah itu keturunan pejabat, keturunan pemuka agama seperti ustadz atau kyai, keturunan ilmuwan, keturunan atlet atau olahragawan, keturunan artis ataupun lainnya. Karena biasanya keahlian, bakat ataupun pendidikan orang tua itu menurun pada anaknya. Kita bisa perhatikan begitu banyaknya politisi yang kini anaknya mengikuti jejak orang tuanya, kita juga tahu bahwa banyak anak seorang penyanyi yang sukses menjadi penyanyi seperti ayah atau ibunya, juga sudah tidak asing ditelinga kita jika tongkat estafet kepemimpinan seorang Kyai selalu dilanjutkan salah satu atau beberapa anak-anaknya.

pasangan TIPS MEMILIH PASANGAN SECARA ISLAMI
Calon pendamping yang taat beragama dan keturunan yang baik

Jika ingin
cari istri atau cari suami berdasarkan faktor DNA itu sah-sah saja, namun harus di ingat juga tidak semua bakat itu menurun, kalaupun sudah terlihat memang menurun, tetap saja itu tidak menjadi jaminan kebahagiaan. Hanya calon pendamping yang mengamalkan agama saja yang bisa membawa hidup bahagia di dunia dan akhirat. Bukan cuma mengerti agama lho, percuma juga mengerti jika tidak di amalkan. Jadi, kembali pada hadits di atas, jika mencari jodoh pasangan berdasarkan keturunannya, jangan dilepaskan juga faktor agamanya. Keturunan keluarga baik-baik plus agamanya juga kuat, wuiihh.. khan mantap tuh.

3. Karena kecantikan atau ketampanan
Pandangan pertama memang mengedepankan faktor fisik yang terlihat jelas dengan mata. Siapa yang tidak senang punya calon suami yang tampan, calon isteri yang cantik, sehingga tidak bosan untuk dipandang, tiap hari dipamerin keliling kota tuh kayaknya hehe.. Wanita zaman sekarang maunya tipe cowok-cowok Korea gitu lah, seperti King Sam Bum, Kim Bum Soo, Lee Min Hoo atau Lee Joon, mungkin juga seperti bintang Hoollywood layaknya Tom Cruise, Taylor Lautner, Robert Thomas Pattinson, Brad Pitt atau Daniel Jacob Radcliffe atau siapa lah, berkhayal tak apa-apa lah, tapi jangan ketinggian juga, sakit nanti jatuhnya ^_^. Begitu juga pria normal pasti tidak menolak jika mendapat pasangan yang cantik dan enak dipandang mata. Tapi, kecantikan dan ketampanan tanpa disertai agama yang baik tetap saja tidak memberikan kebahagiaan.

pasangan2 TIPS MEMILIH PASANGAN SECARA ISLAMI
Cantik/Tampan kurang lengkap tanpa agama yang kuat

Sudah sangat sering kita melihat berita di media massa tentang perselingkuhan ataupun KDRT yang dilakukan oleh pasangan selebritis, itu merupakan salah satu contoh sederhana, apa kekurangan mereka dari segi kecantikan dan ketampanan? Apakah kurang cantik atau kurang tampan?, begitu banyaknya fans yang tergila-gila dengan ketampanan atau kecantikan mereka membuktikan bahwa tidak kurang dalam ketampanan dan kecantikan yang mereka punyai. Jadi kecantikan dan ketampanan jangan dijadikan nomor satu dalam
memilih pendamping hidup. Agama tetap nomor satu. Percuma saja punya suami tampan atau punya istri cantik, setiap hari tinggal serumah, tapi selalu makan hati, tidak bahagia, apalagi jika selalu mendapat perlakuan yang tidak baik atau kasar.

Dari tadi addriadi.com bicara kriteria agama bukan berarti harus menikah dengan ustadz atau ustadzah hihi… Orang yang mengerti dan mengamalkan agama itu tidak mesti pemuka Agama. Punya pasangan dengan tampang yang menarik plus agama yang baik, itulah yang indah ^_^. Cara bagaimana mengetahui akhlak seseorang tinggal lihat saja dengan siapa dia berteman dekat, kemudian tanya sahabat terdekatnya juga orang-orang disekitarnya.

“Seseorang itu tergantung Agama sahabatnya, maka lihatlah dengan siapa dia berteman.” (HR. Ahmad)

4. Karena Agamanya
Ini dia tips yang kita bicarakan dari tadi. Jadikan kriteria agama ini berada di urutan nomor satu, setelah itu kamu bisa masukan kriteria-kriteria lainnya di bawah kriteria agama. Syukur-syukur kalau keempat kriteria jodoh kamu ada semuanya, agamanya kuat, orangnya kaya raya, wajahnya tampan/cantik juga berasal dari keturunan yang baik. Top dech kalau semuanya ada dalam diri calon pendamping hidup kamu.

Oke, sementara itu dulu Tips Memilih Pasangan Secara Islami versi addriadi.com dari penjelasan singkat dari hadits Nabi saw. JIka semua kriteria sudah ada dalam ‘incaran’ kamu, selanjutnya tinggal banyak-banyak baca do’a mencari jodoh hehe… Semoga sukses mendapatkan pasangan yang terbaik dimata Allah! ^_^
----------------------
Sumber ilustrasi foto bisa dilihat disini
whatsapp TIPS MEMILIH PASANGAN SECARA ISLAMIshare save 171 16 TIPS MEMILIH PASANGAN SECARA ISLAMI