9 TIPS RUMAH TANGGA BAHAGIA

576 views
9 Tips Rumah Tangga Bahagia - Diantara banyaknya masalah dalam rumah tangga, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang diperlukan untuk mendapatkan kebahagiaan, sukses, dan pernikahan yang langgeng atau rumah tangga harmonis? Pernikahan seperti ini tidak terjadi begitu saja dan bukan hanya keberuntungan atau kebetulan semata. Banyak hal yang harus dilakukan untuk membuat pernikahan tersebut awet dan langgeng. Ada banyak faktor yang bisa membuat rumah tangga bahagia dan pernikahan sesuai dengan yang Anda inginkan. Jadi, apa faktor-faktor atau rahasia pernikahan yang langgeng? Berkaca pada pengalaman orang-orang yang pernikahannya langgeng, ada diantara mereka yang membuat 9 daftar rahasia yang saya percaya membuat pernikahan sukses dan bahagia. Pengalaman setiap orang mungkin berbeda-beda, tapi saya yakin Anda akan setuju dengan 9 rahasia ini. Jadi, tanpa basa-basi, mari kita lihat sembilan rahasia yang membuat pernikahan bahagia. Inilah 9 tips rumah tangga bahagia.

happy couple 9 TIPS RUMAH TANGGA BAHAGIA
Menggapai rumah tangga bahagia
(Foto dari: www.instilulmeu.ro)

1. Kepercayaan
Pondasi dari pernikahan yang berhasil biasanya dibangun atas dasar kepercayaan. Tanpa kepercayaan, pernikahan akan hancur baik cepat atau lambat. Tentu saja Anda tidak harus percaya setinggi-tingginya dengan pasangan Anda (karena mereka bisa membohongi Anda juga), tapi perlu juga selalu waspada dengan segala godaan yang mungkin datang pada pasangan, jangan terlalu percaya pada firasat, karena kadang jadi prasangka buruk. Menuduh pasangan Anda hanya berdasakan firasat dan bukan berdasar fakta dan bukti yang jelas berarti Anda telah menghancurkan sebagian besar kepercayaan yang ada antara kalian berdua dan karena itu Anda akan hanya akan menimbulkan banyak masalah rumah tangga dan membuat rapuh pondasi pernikahan yang telah dibangun.

2. Kemampuan untuk Kompromi
Jika Anda adalah tipe orang yang tidak suka mengatakan maaf pada pasangan, maka banyak hal bisa menjadi sulit. Belajarlah untuk meminta maaf, bahkan jika itu bukan kesalahan Anda, kadang-kadang Anda harus terbuka untuk mengatakan maaf. Hal ini penting, karena jika kedua pasangan keras kepala dan menolak untuk mengakui kesalahan mereka, maka Anda akan sulit membuat hubungan yang harmonis. Jangan biarkan ego Anda menghalangi untuk mengakui kesalahan. Pasangan Anda akan menghargai kemurahan hati Anda. Tentu saja, Anda tidak harus berlebihan dalam hal ini, untuk kemudian Anda harus selalu meminta maaf pada pasangan untuk seumur hidup, mungkin, yang seperti ini tidak sehat juga. Apalagi jika Anda disalahkan karena suatu masalah yang benar-benar bukan salah Anda seperti dalam masalah yang sangat serius dan bukan urusan yang sederhana juga bukan masalah yang terlalu serius. Namun harus disikapi dengan dingin tanpa emosi yang meledak-ledak.

happy couple 2 9 TIPS RUMAH TANGGA BAHAGIA
Pasangan bahagia, selalu berkomunikasi
(Foto dari: www.nlcafe.hu)

3. Komunikasi
Hal ini sangat jelas, tetapi kebanyakan pasangan berakhir dalam situasi di mana mereka sulit berkomunikasi. Parahnya lagi saat masalah rumah tangga terjadi, seringkali pasangan suami istri tidak meninggalkan rumah kecuali dengan membawa kesalahpahaman yang dapat berkembang menjadi kecurigaan dan akhirnya mungkin berujung perceraian. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. Komunikasi adalah bagian yang sangat penting dalam rumah tangga, jangan sampai buntu, karena tanpa komunikasi masalah hanya akan bertambah panjang dan berlarut-larut, jika bertengkar dengan pasangan, selesaikanlah waktu itu juga.

4. Jangan Abaikan Keintiman di atas ranjang
Mungkin wajar untuk pasangan jika kehilangan hasrat seksual setelah pernikahan berlalu selama bertahun-tahun. Hal ini dapat menyebabkan pasangan mencari tempat lain untuk memenuhi kebutuhan seks mereka. Jadi, jagalah hasrat seksual dan keintiman Anda dalam pernikahan. Jadilah pasangan yang inovatif dengan mencoba situasi yang berbeda dan variatif dan coba macam-macam seks posisi atau gaya berhubungan seks baru. Agar hasrat seksual Anda pada pasangan tetap membakar, mantap dan kuat.

happy couple4 9 TIPS RUMAH TANGGA BAHAGIA
Pasangan bahagia, jaga keintiman
(Foto dari: www.medexpressrx.com)

5. Tangani Masalah Dengan Cepat
Anda pasti pernah mendengar pepatah, "sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit." Itu tidak salah, jika masalah dalam pernikahan mulai muncul, jangan ditunda berlarut-larut untuk diselesaikan, karena masalah yang kecil bisa jadi masalah yang besar jika kita tidak segera untuk menanganinya. Jadi, segeralah untuk menyelesaikan permasalahan kecil yang muncul dalam pernikahan Anda.

6. Pelajari Bagaimana Cara Beradu Argumen
Berapa banyak pasangan yang beradu argumen dalam sebuah pertengkaran dengan pasangannya dan lama-lama berubah menjadi kekerasan fisik. Saya yakin Anda tidak akan suka dengan hal semacam itu. Sudah banyak contoh kekerasan dalam rumah tangga yang sering kita lihat di berbagai media atau banyaknya kasus kekerasan dalam rumah tangga yang masuk pengadilan. Nah, fahamilah apa yang dibutuhkan dua orang saat bertengkar. Jadi, jika pasangan Anda hendak melampiaskan rasa kata-kata amarahnya, dengarkan dengan sabar dan ajukan argumen Anda dalam 1 atau 2 kalimat. Jangan merasa bahwa Anda harus menanggapi setiap pernyataan yang dilontarkan oleh pasangan Anda saat dia marah. Jika masih tidak berhasil juga, biarkanlah diri Anda tenang terlebih dahulu dan sejenak berjalan keluar. Kembalilah ketika keadaan sudah tenang dan jelaskan argumen Anda dengan sabar dan tenang. Ingat, berbicara dengan nada tinggi bahkan berteriak masalah tidak bisa diselesaikan. Satu-satunya hal yang akan terjadi hanya memperburuk hubungan Anda. Lebih jelas tentang hal ini silahkan baca postingan berjudul 5 Tips Mengatasi Kemarahan Istri, meski dari judulnya terlihat untuk mengatasi jika Istri Anda marah, tapi juga bisa dijadikan sebaliknya, untuk mengatasi kemarahan suami.

happy couple3 9 TIPS RUMAH TANGGA BAHAGIA
Pasangan bahagia, selalu memberi ruang
(Foto dari: cdn.madamenoire.com)

7. Belajarlah Untuk Memberikan Ruang
Fahamilah bahwa Anda berdua perlu ruang untuk melakukan banyak hal sendiri. Jangan berharap pasangan Anda akan selalu bersama Anda sepanjang waktu. Ya, kalian memang saling mencintai dan saling menyayangi, tapi jangan memaksakan diri pada pasangan Anda. Berilah dia ruang untuk melakukan hobinya atau kegiatannya tanpa harus selalu bersama Anda. Untuk wanita, silahkan baca lebih jelas tentang hal ini dalam postingan berjudul 5 Rahasia Pria Yang Harus Diketahui Wanita. Untuk pria, silahkan baca lebih rinci tentang hal ini dalam postingan berjudul Cara Dan Tips Menjadi Suami Yang Baik.

8. Terima Kekurangan Pasangan
Ada beberapa hal yang dapat Anda bisa coba untuk mengubahnya dan ada beberapa hal yang tidak bisa Anda ubah, seperti kebiasaan "menjengkelkan" pasangan Anda. Jangan mencoba untuk mengubah sesuatu dalam pasangan Anda, jika hal itu tidak membahayakannya. Anda mungkin tidak punya kekurangan seperti itu, tetapi cobalah dan belajar untuk menerimanya. Jika pasangan Anda  ingin mengubah sendiri kekurangannya, tentu itu bagus. Tapi tidak perlu Anda paksa juga. Jangan terus-menerus mengingatkan pasangan tentang kekurangannya. Mungkin dia tidak dapat mengubah kekurangannya semaksimal yang diharapkan. Jadi, belajarlah untuk menerimanya daripada mencoba terus-menerus untuk mengubahnya dan membuat dirinya merasa buruk. Tak seorang pun suka diingatkan kekurangan mereka terus-menerus apalagi jika di depan orang lain.

9. Jadilah Pemberi Semangat
Ketika Anda mengalami waktu dan hari yang buruk, dukungan dari pasangan akan lebih berharga dari apa pun di dunia ini. Anda merasa down dan tertekan, mungkin karena telah kehilangan pekerjaan Anda atau karena masalah lainnya, tapi dorongan, motivasi dan dukungan pasangan dapat membuat jauh lebih mudah untuk melewatinya dan memastikan bahwa Anda dapat segera berdiri dengan semangat yang lebih kuat lagi. Sebaliknya, tidak mendukung pasangan akan membuatnya down dengan sangat cepat dan pasangan Anda akan merasa terpuruk.

happy malaysian couple 9 TIPS RUMAH TANGGA BAHAGIA
Pasangan bahagia, saling memotivasi
(Foto dari: www.zawaj.com)

Itulah 9 tips rumah tangga bahagia. Tentu masih banyak hal yang dilakukan agar mendapatkan
keharmonisan dalam rumah tangga, disini hanya beberapa hal saja yang di ulas. Mungkin postingan dalam artikel-artikel lain akan melengkapinya, tapi tentu saja tidak bisa sekaligus. Semoga kisah rumah tangga Anda dipenuhi kebahagiaan dan keindahan. Jika punya tips rumah tangga bahagia lainnya silahkan berkomentar!. ^_^
whatsapp 9 TIPS RUMAH TANGGA BAHAGIAshare save 171 16 9 TIPS RUMAH TANGGA BAHAGIA