CARA MENJADI ISTRI SHALIHAH

Cara Menjadi Istri ShalihahMenjadi istri idaman suamimemang gampang-gampang susah. Semuanya butuh proses dan waktu yang cukup untuk belajar dan menimba banyak pengalaman. Istri shalihah memberi kontribusi yang sangat besar pada keharmonisan rumah tangga. Dialah tiang kokoh yang menjadi pilar rumah tangga bahagia. Berikut ini ada beberapa tips menjadi wanita shalihah dalam konteks membina rumah tangga Islami yang di share oleh seorang istri yang sudah puluhan tahun membina rumah tangga, khususnya bagi pasangan muda yang baru menikah atau sedang mempersiapkan diri sebelum menikah.
pasangan muslim2 CARA MENJADI ISTRI SHALIHAH
Terus belajar menjadi istri shalihah
Mengapa pernikahan gagal?
Setan adalah perusak terbaik pernikahan dan sangat membenci pasangan yang menikah. Dia berpesta dengan meriahketika berhasil untuk memisahkanpasangan suami istri yang sudah menikah. Dia memasukkankeraguan diantara mereka dan membuat suatu masalah dalam rumah tangga tampak seperti tidak ada jalan keluar dari situasi tertentu. Setan sangat menyadari titik-titik lemah semua orang, sehingga mendekati mereka dari sudut ini. Orang-orang yang mendengarkan bisikan setan malah mengikutinya bukannya mengikuti perintah-perintah Allah dan akhirnya hidup dalam ketakutan dan kecemasan. Allah menyatakan bahwa hanya satu jenis ketakutan yang akan menuntun orang ke jalan yang benar, yaitu rasa takut kepada Allah. 
 
Al-Quran menyatakan bahwa Allah, Pemilik Pengetahuan yang tanpa batas, Dia akan memberi kemampuan untuk membedakan antara benar dan salah jika mereka takut hanya kepada-Nya. Ini adalah salah satu karakteristik yang paling penting untuk memiliki seseorang. Orang cerdas yang memiliki iman mengetahui perbedaan antara yang benar dan yang salah, dan dengan demikian dia tidak akan tertipu oleh permainan Setan.
Berikut ini adalah beberapa saran sebagai cara menjadi istri shalihah dalam cahaya Islam untuk mempertahankan pernikahan bahagia dan keharmonisan rumah tangga.
Jangan Berdebat
Sebisa mungkin hindari adu argumen. Sebuah adu argumen merupakanpercikan api di dalam rumah tangga. Cara memadamkannya cukup sederhana, yaitu ucapan ‘Aku minta maaf’ bahkan jika itu bukan salah Anda. Ketika Anda melawan, Anda hanya menambahkan kayu ke dalam api. Di bawah ini adalah kisah yang sangat bagus dalammemberikan contoh yang indah tentang toleransi dan kesabaran yang sangat penting untuk setiap pernikahan yang sukses.
Nikah1 300x186 CARA MENJADI ISTRI SHALIHAH
Selalu berusaha menghindari perdebatan
Seorang pria dan wanita telah menikah selama lebih dari 50 tahun. Mereka telah berbagi segalanya. Tidak ada rahasia satu sama lain kecuali bahwa istri yang sudah tua itu memiliki sebuah kotak sepatu di dalam lemari dan dia telah memperingatkan suaminya agar tidak pernah membuka atau bertanya tentang isi dari kotak tersebut. Sepanjang tahun suaminya tidak pernah berpikir tentang kotak sepatutersebut, tapi suatu hari wanita tua itu merasa sangat sakit dan dokter mengatakan bahwa dia tidak akan pulih. Dalam sebuah perbincangan, akhirnya san suami menurunkan kotak sepatutersebut dari lemari dan membawanya ke samping tempat tidur istrinya. Istrinyasetuju bahwa sudah waktunya suaminyaharus tahu apa yang ada di dalam kotak sepatu tersebut.
Ketika ia membukanya, ia menemukan dua buah boneka buatan tangannya sendiridan sebuah kantong berisiuang sebesar $ 20.000. Suaminya bertanya tentang isi kotak tersebut. Kemudian istrinya menjelaskan “Ketika kita akan menikah,” katanya, “nenekku bilang rahasia pernikahan yang bahagia adalah untuk tidak pernah berdebat dan beradu argumen dengan suami. Dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya sedangmarah pada suami, saya hanya harus tetap tenang dan membuat sebuah boneka. “ 

pasangan mesra1 300x184 CARA MENJADI ISTRI SHALIHAH
Sebaiknya tidak berkata apapun saat marah
Suaminya yang sudah renta begitu terharu, ia harus berjuang menahan air mata. Hanya dua buah boneka berharga yang berada di kotak sepatu. Istri tercintanya hanya dua kali marah padanyasepanjang usia pernikahannnya. Dia hampir meledak dengan tangis kebahagiaan “Sayang,” katanya, “tentang boneka itu sangat jelas, tapi bagaimana semua uang ini? Dari mana asalnya?”. Wanita tua itu berkata, Itu uang yang aku perolehdari menjual boneka.
Mungkin Anda juga perlu membaca tulisan berjudul Tips Menghadapi Suami Pemarah Dan Cerewet untuk melengkapi tulisan tentang hal ini.
Selalu perhatikan kenyamanan dan kesejahteraan suami Anda
Seorang istri dan muslimah yang baik harus selalu dapat dipercaya dan berakhlak baik. Dia harus berjuang untuk selalu menjadi ceria dan menjadi sumber motivasi bagi suami dan keluarganya. Istri shalihah juga harus menjaga rumah mereka bebas dari sesuatu haram (haram mencakup semua aspek yang berbahaya, termasuk perilaku buruk, penyalahgunaan dan makanan terlarang).
Rasulullah saw mengajarkan kita bahwa setiap wanita yang meninggal di mana suaminya dalam keadaan ridha pada istrinya, maka dia akan masuk surga. Selalu perlakukan suami dengan cara sebagaimana yang Anda juga ingin diperlakukan demikian oleh suami. Jika Anda mengikuti aturan ini, pernikahan Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses dan jika tidak dipedulikanmungkin kegagalan sudah berada di depan mata.Silahkan lebih lanjut membaca postingan berjudul 5 Rahasia Pria Yang Harus Diketahui Wanita agar Anda lebih memahami keinginan pria saat menjadi seorang suami. 

Pasangan Muslimr CARA MENJADI ISTRI SHALIHAH
Membuat suami merasa nyaman di rumah
Taat Pada Suami
Terlepas dari kecerdasan atau keahliannya, seorang istri tetap harus menerima suami sebagai kepala rumah tangganya.Memberinya penghormatan penuh pada suami dan melaksanakan keinginannya dengan hati nurani yang bersih. Dia harus mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan suaminya serta berusaha untuk membuatnya bahagia, bahkan jika dia sendiri kadang-kadang harus berkompromi dengan keinginannya sendiri. Hal ini karena pria diberitambahan tanggung jawab yang besar. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 34.
Laki-laki itu adalah pelindung dan pemimpin (qawwamun) bagi wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka….
Tujuan dari ketaatan dalam sebuah pernikahan adalah untuk menjaga keutuhan keluarga agar berjalan sebaikmungkin. Pria memangtelah diberi hak untuk ditaati karena ia adalah pemimpin dan bukan karena dia lebih unggul. Jika seorang pemimpin tidak dituruti, kepemimpinannya akan menjadi tidak valid. Anda juga bisa membaca tulisan berjudul 19 Cara Membahagiakan Suami untuk melengkapi tulisan ini.
Jadilah istriyang bersyukur dan apresiasikan
Hargai dan berterima kasihlah kepada suami Anda untuk apa yang dia lakukan untuk keluarga. Jangan membuat dia merasa bahwa dia tidak bekerja cukup baik untuk keluarga atau bahwa Anda tidak puas dengan pekerjaannya atau usahanya, kecuali, tentu saja, jika dia benar-benar malas dan bahkan tidak berusaha untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Nabi saw mengatakan bahwa pada hari kiamat, Allah tidak akan memandang wanita yang tidak berterima kasih kepada suaminya. 

pasangan muslim3 CARA MENJADI ISTRI SHALIHAH
Selalu taat pada suami selama dalam kebaikan
Selalu berterimakasih pada suami Anda untuk hal-hal baik yang dia lakukan karena ini adalah salah satu teknik yang paling penting. Dan sebaliknya, istri yang tidak bersyukur dan tak pernah mengucapkan terima kasih pada suami bukan merupakan karakteristik dari wanita shalihah.
Dalam hal apa saja seorang suami ingin dihargai dan dihormati istrinya? Temukan jawabannya dalam artikel berjudul 4 Cara Menjadi Istri Yang Menghargai Suami.
Jaga Ucapan Anda Dan Pelihara Hubungan Baik Dengan Mertua
Berhati-hatilah apa yang Anda katakan ketika Anda marah. Kadang-kadang Anda akan mengatakan hal-hal yang Anda tidak akan pernah ucapkanketika Anda tidak marah. Jika Anda marah, tunggu sampai Anda merasa tenang sebelum melanjutkan pembicaraan. Jagalahhubungan baik dengan mertua Anda terutama ibunya. Jangan pernah mengatakan hal buruk tentang keluarganya.
Bersikap sopan, sabar dan mengakui kesalahan Anda
Perlakukan suami Anda seperti Anda memperlakukan sahabat baik Anda. Dengan sahabat kita selalu mencoba untuk bersikap baik sopan dan sabar. Dengan pasangan kita, kita sering tidak menunjukkan kesopanan ini. Pernikahan yang baik membutuhkan kesabaran,kebaikan, pengorbanan, cinta,pengertian,memaafkan dan kerja keras. Selain itu, pertimbangkan pahala di akhirat bagi mereka yang menunjukkan kesabaran. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Quran surat Az-Zumar ayat 10.
… Sungguh hanya orang yang sabar akan menerima pahala mereka tanpa batas.
Ketika Anda membuat kesalahan, akui itu. Ketika suami Anda melakukan kesalahan, maafkan dia dengan mudah dan jika mungkin, jangan pernah pergi tidur dengan menyimpan kemarahan satu sama lain. Artinya, selesaikan permasalahan dan jangan sampai berlarut-larut hingga terbawa tidur.
Merasacukup dengan apa yang telah Anda miliki
Jangan iri orang-orang yang tampaknya hidup lebih mewah dari keluarga Anda. Rezeki diatur Allah. Kita tak akan pernah merasa puas jika selalu melihat orang lain yang lebih tinggi dari kita dalam kekayaannya, lihatlah orang-orang yang memiliki banyak kekurangan atau di bawah Anda, itu akan membuat kita lebih bersyukur. Bersyukur kepada Allah akan menambah banyak keberkahan dalam hidup Anda.
Memiliki selera humor
Pria mencari wanita yang periang dan memiliki rasa humor. Rasulullah saw juga pernah mengatakan kepada sahabat Jabir untuk menikahi seorang wanita yang akan membuatnya tertawa dan dia (Jabir) juga akan membuatnya tertawa. 

pasangan 300x240 CARA MENJADI ISTRI SHALIHAH
Tidak bosan berdo’a untuk suami dan keluarga
Berdoa
Jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah bagi kesehatan, keselamatan dan kebaikan suami Anda juga untuk pernikahan dan keluarga yang bahagia serta sukses. Dengan selalu berdo’a setiap hari dan setiap malam, Anda akan melihat peningkatan cinta antara Anda dan suami.
Itulah sebagian cara menjadi istri shalihah yang bisa Anda terapkan. Memang masih banyak kriteria lain yang tidak mungkin dimasukkan semuanya dalam satu postingan. Jika Anda punya tips lain, silahkan berkomentar untuk melengkapi tulisan ini.

Comments

comments

Posted in: CARA DAN TIPS, KAJIAN ISLAM, MENJADI ISTRI, PERNIKAHAN DAN KELUARGA